SYARAH 'UQUUDUL LUJAIN BAG 5
وروي: {أنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلَى عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَشْكُوْ إِلَيْهِ خُلُقَ زَوْجَتِهِ، فَوَقَفَ بِبَابِهِ
يَنْتَظِرُهُ، فَسَمِعَ امْرَأَتَهُ تَسْتَطِيْلُ عَلَيْهِ بِلِسَانِهَا، وَهُوَ سَاكِتٌ لاَ يَرُدُّ عَلَيْهَا، فَانْصَرَفَ
الرَجُلُ قَائِلاً: إِذَا كَانَ هَذَا حَالُ أَمِيْرِ المُؤْمِنِيْنَ، فَكَيْفَ حَالِيْ ؟. فَخَرَجَ عُمَرُ فَرآهُ
مُدْبِرًا فَنَادَاهُ، مَا حَاجَتُكَ ؟. فَقَالَ: يَا أَمِيْرَ المُؤْمِنِيْنَ، جِئْتُكَ أَشْكُوْ إِلَيْكَ خُلُقَ
زَوْجَتِيْ وَاسْتِطَالَتِهَا عَلَيَّ، فَسَمِعْتُ زَوْجَتَكَ كَذَلِك َ، فَرَجَعْتُكَ وَقُلْتُ: إِذَا كَانَ هَذَا حَالُ
أَمِيْرِ المُؤْمِنِيْنَ، فَكَيْفَ حَالِيْ ؟. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: ياَ أَخِيْ إنّيْ احْتَمَلْتُهَا لِحُقُوْقٍ لَهَا
عَلَيَّ، إنَّهَا طَبَّاخَةٌ لِطَعَامِيْ، خَبَّازَةٌ لِخُبْزِيْ، غَسَّالَةٌ لِثِيَابِيْ، مُرْضِعَةٌ لِوَلَدِيْ. وَلَيْسَ ذَلِكَ
بِوَاجِبٍ عَلَيْهَا، وَيَسْكُنُ قَلْبِيْ بِهَا عَنِ الحَرَامِ، فَأَنَا احْتَمَلْتُهَا لِذَلِكَ، فَقَالَ الرَجُلُ:
يَاأَمِيْرَ المُؤْمِنِيْنَ، وَكَذَلِكَ زَوْجَتِيْ. قَالَ عُمَرُ: فَاحْتَمِلْهَا يَا أَخِيْ، فَإِنَّمَا هِيَ مُدَّةٌ
يَسِيْرَةٌ}.
يَنْتَظِرُهُ، فَسَمِعَ امْرَأَتَهُ تَسْتَطِيْلُ عَلَيْهِ بِلِسَانِهَا، وَهُوَ سَاكِتٌ لاَ يَرُدُّ عَلَيْهَا، فَانْصَرَفَ
الرَجُلُ قَائِلاً: إِذَا كَانَ هَذَا حَالُ أَمِيْرِ المُؤْمِنِيْنَ، فَكَيْفَ حَالِيْ ؟. فَخَرَجَ عُمَرُ فَرآهُ
مُدْبِرًا فَنَادَاهُ، مَا حَاجَتُكَ ؟. فَقَالَ: يَا أَمِيْرَ المُؤْمِنِيْنَ، جِئْتُكَ أَشْكُوْ إِلَيْكَ خُلُقَ
زَوْجَتِيْ وَاسْتِطَالَتِهَا عَلَيَّ، فَسَمِعْتُ زَوْجَتَكَ كَذَلِك َ، فَرَجَعْتُكَ وَقُلْتُ: إِذَا كَانَ هَذَا حَالُ
أَمِيْرِ المُؤْمِنِيْنَ، فَكَيْفَ حَالِيْ ؟. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: ياَ أَخِيْ إنّيْ احْتَمَلْتُهَا لِحُقُوْقٍ لَهَا
عَلَيَّ، إنَّهَا طَبَّاخَةٌ لِطَعَامِيْ، خَبَّازَةٌ لِخُبْزِيْ، غَسَّالَةٌ لِثِيَابِيْ، مُرْضِعَةٌ لِوَلَدِيْ. وَلَيْسَ ذَلِكَ
بِوَاجِبٍ عَلَيْهَا، وَيَسْكُنُ قَلْبِيْ بِهَا عَنِ الحَرَامِ، فَأَنَا احْتَمَلْتُهَا لِذَلِكَ، فَقَالَ الرَجُلُ:
يَاأَمِيْرَ المُؤْمِنِيْنَ، وَكَذَلِكَ زَوْجَتِيْ. قَالَ عُمَرُ: فَاحْتَمِلْهَا يَا أَخِيْ، فَإِنَّمَا هِيَ مُدَّةٌ
يَسِيْرَةٌ}.
Diriwayatkan,seorang lelaki datang pada sayyidina umar r.a,ia menceritakan perihal isterinya yang mempunyai sifat dan akhlak buruk.ia berdiri didepan pintu rumah sayyidina umar menunggu beliau keluar, kemudian ia mendengar isteri umar menimpali ucapan umar dan umar diam tidak menimpalinya.maka lelaki itu memutuskan untuk pulang dan ia berkata dalam hatinya :
"jika hal seperti ini yang dilakukan sayyidina umar terhadap isterinya, maka bagaimana sikapku terhadap isteriku ?",
Maka umar keluar rumahnya dan beliau melihat lelaki itu sudah akan pergi.
Umar memanggilnya kembali,dan umar bertanya "apa keperluan ?"
lelaki itu menjawab: "Wahai amiril mu'minin,aku datang untuk mengadukan hal isteriku
yang selalu menimpali ucapan-ucapanku,namun tadi aku mendengar isterimu juga seperti itu, maka aku memutuskan pulang dan aku berkata, jika itu yang engkau lakukan pada isterimu,lalu bagaimana sikapku terhadap isteriku ?".
Umar berkata : "Wahai saudaraku...aku telah memikulkan hak-hak ku pada isteriku,ia memasakkan makanan untukku, membuatkan roti untukku, mencucikan pakaianku, menyusui anakku, padahal hal-hal tersebut tidak wajib baginya,dan hatiku tenang menyikapi perihalnya,aku menanggung perihalnya".
berkata lelaki itu "wahai amiril mu'minin demikian juga perihal isteriku".
Berkata Umar "Tanggunglah perihal isterimu, karena sikapnya seperti itu tak akan lama".
(وَمَنْ صَبَرَتْ عَلَى سُوْءِ خُلُقِ زَوْجِهَا أَعْطَاهَا اللهُ مِثْلَ ثَوَابِ آسِيَةَ امرَأَةِ فِرْعَوْنَ)
وهي بنت مزاحم، وذلك أن موسى عليه السلام لما غلب السَحَرَةَ آمنتْ به آسيةُ،
فلما تبين لفرعون إيمانُها دق ليديها ورجليها أربعة أوتاد في الأرض، وشبحها
فيها كلَّ عضوٍ بحبل، وجعَلَها في مقابلة الشمس، فإذا انصرفوا عنها أظلَّتْها
الملائكةُ، وأمر فرعون بصخرة عظيمة لتلقى عليها، فلما أتوها بالصخرة، قالت:
“ربِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِيْ الْجَنَّةِ”، فأبصرتْ البيت َ من م.رمرة بيضاءَ، فا
نتزعتْ روحها، فأُلْقِيَت الصخْرةُ على جسد لا روح فيه ولم ألَمًا
Dan barangsiapa yang sabar atas sifat buruk suaminya,maka ia akan diberikan ganjaran seperti ganjarannya asiyah isteri fir'aun (asiyah binti mujahim).
Ketika nabi musa a.s mengalahkan tukang sihir fir'aun maka asiyah beriman,dan ketika fir'aun mengetahuinya maka fir'aun mengikat dua tangan dan kaki asiyah dan menelentangkannya diatas bumi,dan mengikatkan tali pada tiap anggota tubuhnya.Maka ketika fir'aun dan tentaranya meninggalkan tempat tersebut,maka ada malaikat yang menaunginya agar tidak tersengat sinar matahari.fir'aun memerintahkan tentaranya untuk membebani tubuh asiyah dengan batu yang besar,maka ketika tentara itu datang dengan membawa batu besar,
Asiyah pun berkata :"Ya Robb,Bangunkalah sebuah rumah untukku disurgaMU".
Kemudian asiyah melihat Allah telah membangunkan sebuah rumah dari marmer merah di surgaNya,maka terlepaslah ruh nya dan tentara itu menimpakan batu besar itu pada jasad yang tak bernyawa lagi,sehingga asiyah tidak merasakan sakitnya.
(قَالَ سَيِّدُنَا) أي أكرمنا (الْحَبِيْبُ) أي المحبوب السيد (عَبْدُ اللهِ
الْحَدَّاد) صاحب الطريقة المشهورة، والأسرار الكثيرة. فاصطلاح بعض أهل البلاد
أن ذرية رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كان ذكرا يقال له: “حبيب”، وإن
كانت أنثى يقال لها: “حبابة”، واصطلاح الأكثر يقال له: “سيد وسيدة”.
(الرَجُلُ الْكَامِلُ) أي في دينه (هُوَ الَّذِيْ يُسَامِحُ) أي يساهل (فِيْ حُقُوْقِهِ) كالزينة
(وَلاَ يُسَامِحُ فِيْ حُقُوْقِ اللهِ تَعَالَى) كالصلاة ووصل الشعر فذلك حرام (وَالرَّجُلُ
النَّاقِصُ هُوَ الَّذِيْ يَكُوْنُ عَلَى الْعَكْسِ) بأن يتسع في حقوق الله تعالى، ولا يتسع في
حقوق نفسه.SS
الْحَدَّاد) صاحب الطريقة المشهورة، والأسرار الكثيرة. فاصطلاح بعض أهل البلاد
أن ذرية رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كان ذكرا يقال له: “حبيب”، وإن
كانت أنثى يقال لها: “حبابة”، واصطلاح الأكثر يقال له: “سيد وسيدة”.
(الرَجُلُ الْكَامِلُ) أي في دينه (هُوَ الَّذِيْ يُسَامِحُ) أي يساهل (فِيْ حُقُوْقِهِ) كالزينة
(وَلاَ يُسَامِحُ فِيْ حُقُوْقِ اللهِ تَعَالَى) كالصلاة ووصل الشعر فذلك حرام (وَالرَّجُلُ
النَّاقِصُ هُوَ الَّذِيْ يَكُوْنُ عَلَى الْعَكْسِ) بأن يتسع في حقوق الله تعالى، ولا يتسع في
حقوق نفسه.SS
Berkata Al-Habib Abdullah al-haddad,beliau yang mempunyai thoriqoh yang masyhur dan mempunyai banyak asror.
Istilah disebagian negara bahwa Turunan Rosulillah SAW jika pria di sebut "HABIB" dan jika perempuan disebut "HABABAH", sedang istilah kebanyakan memanggilnya dengan "SAYYID" dan "SAYYIDAH"
Beliau (al-habib) berkata: "Seorang yang Kamil(sempurna) agamanya adalah orang yang memaafkan atas hak-haknya,namun tidak memaafkan jika itu hak Allah seperti sholat dan menyambung rambut,yang demikian itu haram. Sedangkan orang yang kurang/tidak sempurna dalam agamanya akan berlaku sebaliknya".
Wallohu'alam
Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA