Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Pentingnya Ukhuwah Islamiyah

Pentingnya Ukhuwah Islamiyah

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Selasa, 23 Oktober 2018

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”

*ARTIKEL MALAM*

Hari/Tgl. : Selasa, 23 Oktober 2018
                   15 Safar 1439 H
No. : 1295/AM/KOM/X/2018
Materi : Hadits
Tujuan : KUTUBer & Umum

========= ❁❁❁❁ =========

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ

๐ŸŒบ Hadist Arba'in Ke 35 : Ukhuwah dan Hak-Hak Muslim (Bag. 3)

๐Ÿ“š Al-Wafi; Imam Nawawi; DR.Musthafa Dieb al-Bugha

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ : ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ู„ุงَ ุชَุญَุงุณَุฏُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَู†َุงุฌَุดُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَุจَุงุบَุถُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَุฏَุงุจَุฑُูˆุง ูˆَู„ุงَ ูŠَุจِุนْ ุจَุนْุถُูƒُู…ْ ุนَู„َู‰ ุจَูŠْุนِ ุจَุนْุถٍ ูˆَูƒُูˆْู†ُูˆุง ุนِุจَุงุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ุฅِุฎْูˆَุงู†ุงً . ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ُ ุฃَุฎُูˆ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ู„ุงَ ูŠَุธْู„ِู…ُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَุฎْุฐُู„ُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَูƒْุฐِุจُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَุญْู‚ِุฑُู‡ُ . ุงู„ุชَّู‚ْูˆَู‰ ู‡َู‡ُู†َุง –ูˆَูŠُุดِูŠْุฑُ ุฅِู„َู‰ ุตَุฏْุฑِู‡ِ ุซَู„ุงَุซَ ู…َุฑَّุงุชٍ – ุจِุญَุณَุจِ ุงู…ْุฑِุฆٍ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّุฑِّ ุฃَู†ْ ูŠَุญْู‚ِุฑَ ุฃَุฎَุงู‡ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…َ، ูƒُู„ُّ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ุญَุฑَุงู…ٌ ุฏَู…ُู‡ُ ูˆَู…َุงู„ُู‡ُ ูˆَุนِุฑْุถُู‡ُ [ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…]

Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw bersabda, “Jangan saling menghasud, saling menipu, saling membenci, saling membelakangi, dan jangan membeli barang yang telah dibeli orang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Orang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain. Karena itu, tidak menzhaliminya, tidak menelantarkannya, tidak membohonginya, dan tidak melecehkannya. Takwa itu di sini, [sambil menunjuk dadanya tiga kali]. Cukuplah seseorang dikategorikan jahat jika dia menghina saudaranya sesama muslim. Darah, harta, dan kehormatan setiap muslim adalah suci terpelihara.” (HR. Muslim)

7. Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Saudaranya Sesama Muslim.

Seorang muslim dituntut untuk bermuamalah dengan saudaranya sesama muslim dengan cara yang dapat melahirkan pertautan hati.

Firman Allah :

ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุฅِุฎْูˆَุฉٌ ูَุฃَุตْู„ِุญُูˆุง ุจَูŠْู†َ ุฃَุฎَูˆَูŠْูƒُู…ْ....

“Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu.” (QS. Al-Hujuraat : 10).

Dengan demikian ia dilarang untuk melakukan hal-hal yang bisa memicu perpecahan hati dan di antara pemicu keretakan hati yang paling utama ada empat perkara :

1. Kedhaliman
2. Rasa tidak peduli
3. Dusta
4. Memandang rendah orang lain.

Ini semua menunjukkan bahwa persaudaraan adalah sesuatu yang sangat urgendi dalam Islam. Bahkan lantaran urgensinya pula seorang muslim tidak dianggap sempurna keimanannya, jika belum mencintai sudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri. Dengan demikian ia akan berusaha untuk tidak menyakiti hati saudaranya dan menjaganya dari berbagai bentuk kemudlarataan.

Yang juga perlu diketahui bahwa ketinggian akhlak di dalam Islam, tidaklah terbatas kepada sesama Muslim. Namun manfaat dari akhlak tersebut juga akan dirasakan oleh semua umat manusia. Karenanya, semua perkara di atas juga diharamkan bagi setiap manusia. Jika ada orang kafir diperlakukan dengan salah satu perkara di atas, maka hal itu semata-mata karena kekafirannya.

a. Dilarang Mendhaliminya.

Tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan bahaya bagi diri, agama, kehormatan dan agamanya, tanpa alasan yang dibenarkan agama. Karena hal itu adalah kedhaliman yang akan menghancurkan persaudaraan Islam. Tentang kedhaliman, telah dikupas pada pembahasan hadits, “Wahai hamba-Ku, Aku telah haramkan kedhaliman atas diri-Ku, dan Aku haramkan atas kalian. Makan janganlah saling mendhalimi.”

b. Dilarang Membiarkannya dengan Kesulitannya.

Tidak memberikan pertolongan kepada sesama muslim adalah haram. Terutama saat ia benar-benar membutuhkan pertolongan. Allah SWT berfirman,

......ูˆَุฅِู†ِ ุงุณْุชَู†ْุตَุฑُูˆูƒُู…ْ ูِูŠ ุงู„ุฏِّูŠู†ِ ูَุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ู†َّุตْุฑُ ุฅِู„َّุง ุนَู„َู‰ٰ ู‚َูˆْู…ٍ ุจَูŠْู†َูƒُู…ْ ูˆَุจَูŠْู†َู‡ُู…ْ ู…ِูŠุซَุงู‚ٌ.....

“......Jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan.” (QS. Al-Anfaal : 72)

Rasulullah SAW bersabda, “Tiada seorang muslim yang membiarkan muslim lainnya (tanpa mendapatkan pertolongan) saat kehormatannya dirampas dan harga dirinya dirusak, kecuali Allah akan membiarkannya saat ia membutuhkan pertolongan-Nya (HR. Abu Dawud).

Beliau bersabda, “Barangsiapa yang dihadapannya ada seorang muslim yang dihinakan, akan tetapi ia tidak menolongnya, padahal ia mampu menolongnya, maka Allah akan menghinakannya di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Dan Beliau juga bersabda, “Barangsiapa yang menolong saudaranya ketika ia tidak berada di hadapannya, maka Allah akan menolongnya di dunia dan di akhirat. (HR. Bazzar).

Tidak memberikan pertolongan, bisa dalam masalah duniawi, seperti sebetulnya ia mampu menolong orang yang didhalimi tetapi tidak melakukannya. Bisa juga dalam urusan ukhrawi, seperti sebetulnya ia mampu memberikan nasehat kepada orang lain tapi ia tidak melakukannya.

Bersambung...

★★★★

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/ 085749376876 (Bendahara KUTUB)


❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters