Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Hikmah Tahajjud

Hikmah Tahajjud

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Senin, 03 September 2018

๐Ÿ„๐ŸMUHASABAH CINTA๐Ÿ๐Ÿ„

Hari/Tgl.  : Senin, 3 September 2018
                   24 Dzulhijjah 1439 H
No.           : 1116/MC/KOM/IX/2018
Materi      : Muhasabah Cinta
Tujuan     : KUTUBer & Umum
=========☆☆☆☆===========
๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚

๐Ÿƒ Cerita Inspirasi Tahajjud bersama Ust. H. Uti Konsen U.M.

๐Ÿ”ฐ Hikmah Tahajjud (3)

Shalat Tahajjud tidak hanya sebatas menjalankan shalat di sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur. Lebih dari itu, ia juga merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat bagi mereka yang istiqamah menjalankannya. Dengan melakukan shalat Tahajjud setiap malam, niscaya keajaiban dan faedahnya akan langsung terasa tanpa menunggu lama. Insya Allah.

Penikmat Tahajjud, antara lain akan mendapatkan kesehatan fisik dan rohani yang prima. Dengan rutin menjalankan shalat Tahajjud terutama pada sepertiga malam terakhir sangat baik untuk meraih kesehatan rohani. Mengapa demikian ? Karena dengan melakukan ini, kita jadi enggan berbuat jahat kepada orang lain dan juga melanggar perintah Allah. Melakukan shalat Tahajjud adalah wujud takwa kita kepada Allah yang nyata. Diantara ciri orang yang takwa :

ูƒَุงู†ُูˆْุง ู‚َู„ِูŠْู„ًุง ู…ِّู†َ ุงู„َّูŠْู„ِ ู…َุง ูŠَู‡ْุฌَุนُูˆْู†َ● ูˆَุจِุงู„ْุงَุณْุญَุงุฑِ ู‡ُู…ْ  ูŠَุณْุชَุบْูِุฑُูˆْู†َ●

"mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)." (QS. Az-Zariyat : 17-18)

Tahajjud adalah syariat Allah, sebuah upaya meraih cinta dan rahmat-Nya. Tahajud adalah sunnah utama Rasulullah SAW, sebuah ikhtiar untuk meraih syafaat Rasulullah SAW. Penikmat Tahajud akan dicintai, dikagumi, didoakan dan diaminkan doanya oleh para malaikat.

ุงِู†َّ ู†َุงุดِุฆَุฉَ ุงู„َّูŠْู„ِ ู‡ِูŠَ ุงَุดَุฏُّ ูˆَุทْู€ุงً ูˆَّุงَู‚ْูˆَู…ُ ู‚ِูŠْู„ًุง

"Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan." (QS. Al-Muzzammil : 6)

Allah turun mencapai "maqaaman mahmuudan", kedudukan mulia di sisi-Nya, juga dihadapan makhluk-Nya. Tahajud adalah shalat yang paling nikmat dan mengesankan. Hidup damai, tenang, dan sangat bahagia. Ada aura "haibah" penuh wibawa dan berkharisma. Disegani manusia dan ditakuti musuh, manusia, dan jin.

Orang yang bersenyap dalam Tahajjud akan memiliki "qaulan tsaaqilaan" bicaranya didengar dan nasehatnya membangkitkan semangat ibadah dan amal shaleh. Do'anya sangat mustajab. Kunci sukses ikhtiar berdagang dan semua aktivitas.

Allah juga akan memuliakan para penikmat Tahajjud dengan "wujuuhun nuur", wajah yang bercahaya, nyaman, dan menyenangkan jika dipandang. Juga "Thiiban nafsi", nafsunya hanya semangat dalam ketaatan dan berakhlak mulia. Ia juga adalah "manhaatun anil itsmi" Allah cabut keinginannya pada maksiat. Tahajud adalah "daf’ul bala'" sebuah upaya untuk menolak bala bencana dan membawa hikmah besar.

Dari segi kesehatan jasmani, kebiasaan bangun pagi, menghirup udara segar, dan gerakan shalat yang dilakukan secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan tubuh dan menghindaran kita dari penyakit. Dari sains pengobatan, kita akan menghirup oksigen di atmosfer bumi sekitar pukul 03.00 hingga terbit matahari sehingga ketika menggerakkan otot-otot yang berada dalam tubuh kita maka akan membuat badan kita segar dan melancarkan aliran darah di tubuh kita. Oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut.

Ibnu Al Qayyim rahimakumullah berkata : "Aku melihat Ibnu Taimiyah sebagai orang yang paling kuat karena keistiqamahannya Tahajjud. Ketika ia berbicara, semua orang terkesima dengan pembicaraannya, begitu pula ketika ia berjalan dan berperang."

Wallahu’alam.

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ‚๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐Ÿ‚๐Ÿ‚
==========☆☆☆============
 ═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat (kode bank 147) atas Nama Komunitas Tahajjud Berantai

๐Ÿ“ฒ Cinta Hafidz - Norek :3350010324
๐Ÿ“ฑCinta Yatim - No. rek: 3350010325
๐Ÿ’ป Peningkatan Ekonomi Duafa -  No. Rek:3350010326
๐Ÿ“ฎCinta Masjid -  No. rek 3350010327
๐Ÿ“ฆ Sosial Kemanusiaan - No.Rek : 3350010328
☎ Syiar Dakwah - No, Rek: 3180005019 atau melalui MAK bagi yg sudah mendapatkannnya

๐Ÿ“ฑKonfirmasi :0857-4937-6876 (Bendahara)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁
✊๐Ÿป *Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah*

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters