Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Mulai dari Nol

Mulai dari Nol

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Senin, 03 September 2018

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
*ARTIKEL MALAM*

Hari/Tgl. : Senin, 03 September 2018
                   23 Dzulhijjah 1439 H
No.           : 1247/AM/KOM/IX/2018
Materi      : Motivasi
Tujuan     : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป

๐Ÿ“š  Start From Zero (part. 8)

๐Ÿ“Œ ZEROKAN DIRI DENGAN TRILOGI TARBIYAH

1. Tilawah

Secara harfiah tilawah berarti membaca dengan mengikuti hukum bacaannya, haqqa tilaawatih, sebagaimana perintah Allah “ Warattilil qur’aana tartiilaa… Dan bacalah Al quran dengan tartil (Al muzammil : 4)

Menurut Rofi Munawwar, Lc. Tilawah itu membaca alquran seperti orang menyimak sepakbola, kemana bola bergerak dia ikuti dengan cermat sehingga tidak sampai kehilangan titik dimana bola itu jatuh. Cermat dan hati-hati.

Menurut Fakhruddin, Lc. Tilawah itu olahraganya mata, bergerak ke bawah, ke atas mengikuti tanda baca fathah, dhommah dan kasroh akan menyehatkan mata dan hati.

Menurut Imam Al Ghazali itu termasuk zakatnya mata sebagai anggota tubuh yang juga harus dizakati.

Tilawah berarti membaca dengan mengambil ruh dan kekuatan, bila dilakukan dengan sungguh-sungguh mengkonsentrasikan jiwa, merasakan nikmatnya bacaan, khusyu’ dan tawadhu, maka akan menghasilkan energy ruhani yang luar biasa. Seperti sahabat yang syahid di tengah shalat dan menikmati bacaan Qur’an. Ustman bin Affan, “jika hati itu bersih maka ia tidak akan merasa kenyang dengan bacaan al-quran.”

Tilawah dalam trilogy tarbiyah agar tahu, menggali pengetahuan atau informasi yang shahih, benar dan wadhih gamblang serta menumbuhkan ruh baru seperti Alija Izzetbegovic, “Setiap berinteraksi dengan al quran maka selalu ku dapatkan hal-hal yang senantiasa baru.

Tilawah itu bukan sekedar membaca tapi menghadirkan kebaruan hidup, menggali sepuluh ayat untuk dihafalkan dan diamalkan.

Tilawah bersifat informative agar orang tahu, ma’rifah inilah ia akan memiliki kecerdasan spiritual, rasa takut dan harap, khauf dan roja’ secara totalitas.

Allah swt berfirman:

 ุฅِู†َّู…َุง ูŠَุฎْุดَู‰ ุงู„ู„َّู‡َ ู…ِู†ْ ุนِุจَุงุฏِู‡ِ ุงู„ْุนُู„َู…ٰุٓคُุง

“Sesungguhnya orang yang paling takut kepada Allah diantara hamba-hamba-Nya adalah para ulama.” (QS. Fathir : 28)

2. Tazkiyah

Tazkiyah adalah proses menuju zero, pembersih jiwa manusia dari kotoran dan kegelapan jahiliyah. Menurut Syaikh Muhammad Al-Ghazali tilawah bermakna tarbiyah. Proses perbaikan sesuatu, penjagaan dan pemeliharaan. Tazkiyah untuk memperbaiki nafs, mendidik tabiat, dan menguatkan manusia kepada derajat yang tertinggi sebagaimana dorongan yang terlintas dalam hati yang berusaha menjauhkannya.” (Tazkiyatun Nafs, 1996:27)

Output tazkiyah adalah kebersihan jiwa, rasa indahan dalam ibadah, piranti perbaikan dari kejahatan, pembersih kecenderungan negative, pengarah pada kebaikan, pilar sukses dunia dan bahagia akhirat.

Bila jiwa telah suci bersih dari syirik, kufur fasik, munafik maupun kezhaliman, maka akan mudah menerapkan Islam dengan ikhlas. Seperti gelas bersih yang banyak manfaatnya. Maka bila hati bersih, akan memiliki dorongan, motivasi dan kemauan yang kuat untuk berbuat yang cepat, tepat, akurat, cermat dan nikmat. Untuk bekerja yang cerdas, ikhlas, keras, tuntas dan mawas.
From Zero: aku tahu, aku yakin, aku mau, aku bias, dan aku mampu….luar biasa!

Adapun hati yang pendengki tak akan menghasilkan prestasi. Karena hatinya dipenuhi dengan penyakit, kekotoran, prasangka buruk, kekikiran, kejahatan, konspirasi dan tuduhan. Ia sibuk menggelisahkan kesuksesan orang lain sehingga tidak sempat mengisi diri dengan kebaikan. Bahkan kebaikan yang dibangun pun akan musnah oleh kedengkiannya tersebut. Sebagaimana kata Nabi, “ Sesungguhnya dengki itu bisa merusak amal sebagaimana api yang menghanguskan kayu bakar.” Inilah musibah besar, semoga kita terhindar dari kedengkian, Na’udzubillah.

3. Ta'lim

Ta’lim adalah tazwiidul ‘uluum, menambah ilmu, pengayaan, pengajaran, pendalaman, pengkajian nilai untuk memampukan diri, meledakkan potensi, mengefektifkan energy.

Proses ta’lim dilakukan terpadu baik yang mandiri (tarbiyah dzatiyah) maupun yang bersinergi (tarbiyah jama’iyah). Artinya setiap pribadi sadar untuk selalu belajar, bersemangat untuk berbuat dan memberi manfaat.

Tahu, mau dan mampu dihidupkan dengan ibadah dan amal shalih. Berpikir kreatif, bekerja efektif sehingga setiap waktunya produktif.

Trilogi tarbiyah sangat penting untuk menganalisa keadaan dan melakukan perubahan, dari zhalalum mubin, kesesatan yang nyata menuju cahaya Islam, menjadi khairu ummat ukhrijat linnas, sebaik-baik ummat yang memberikan manfaat bagi seluruh manusia.

Allah swt berfirman:

ูƒُู†ْุชُู…ْ ุฎَูŠْุฑَ ุฃُู…َّุฉٍ ุฃُุฎْุฑِุฌَุชْ ู„ِู„ู†َّุงุณِ ุชَุฃْู…ُุฑُูˆู†َ ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ ูˆَุชَู†ْู‡َูˆْู†َ ุนَู†ِ ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ ูˆَุชُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ  ۗ  ูˆَู„َูˆْ ุกَุงู…َู†َ ุฃَู‡ْู„ُ ุงู„ْูƒِุชٰุจِ ู„َูƒَุงู†َ ุฎَูŠْุฑًุง ู„َّู‡ُู…ْ  ۚ  ู…ِّู†ْู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ูˆَุฃَูƒْุซَุฑُู‡ُู…ُ ุงู„ْูٰุณِู‚ُูˆู†َ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang lahir untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali Imran : 110)

Allah swt berfirman:

ูˆَู…َุข ุฃَุฑْุณَู„ْู†ٰูƒَ ุฅِู„َّุง ุฑَุญْู…َุฉً ู„ِّู„ْุนٰู„َู…ِูŠู†َ

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya : 107)


sumber:  "From Zero to Hero"

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒป
=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: 081254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : 0857-4937-6876 (Bendahara  KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters