Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Trilogi Tarbiyah

Trilogi Tarbiyah

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Senin, 27 Agustus 2018

📓📕📗📘📙📔
*ARTIKEL MALAM*

Hari/Tgl. : Senin, 27 Agustus 2018
                   16 Dzulhijjah 1439 H
No.           : 1240/AM/KOM/VIII/2018
Materi      : Motivasi
Tujuan      : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻

📚 Start From Zero (part. 7)

📌 ZEROKAN DIRI DENGAN TRILOGI TARBIYAH

Didalam Al-Qur'an ada trilogi tarbiyah yang sangat dahsyat dan monumental untuk pembelajaran diri meraih sukses, yakni trilogi dari tilawah, tazkiyah dan ta’lim.

Hal ini disebutkan dalam firman allah swt:

كَمَآ أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِّنْكُمْ يَتْلُوا عَلَيْكُمْ ءَايٰتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَّا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

"Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu seorang Rasul (Muhammad) dari (kalangan) kamu yang membacakan ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadamu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), serta mengajarkan apa yang belum kamu ketahui." (QS. Al-Baqarah : 151)

Allah swt berfirman:

وَلِلَّهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ  ۚ  يَغْفِرُ لِمَنْ يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَآءُ  ۚ  وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki, dan mengadzab siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Ali 'Imran : 129)

Allah swt berfirman:

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِى ضَلٰلٍ مُّبِينٍ

"Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata." (QS. Ali 'Imran : 164)

Allah swt berfirman:

هُوَ الَّذِى بَعَثَ فِى الْأُمِّيِّۦنَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِى ضَلٰلٍ مُّبِينٍ

"Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata." (QS. Al-Jumu'ah : 2)

Ayat ini menggambarkan proses dan sistematika yang jelas yakni:

☆ Tilawah (membacakan ayat-ayat Allah)

☆ Tazkiyah (Mensucikan jiwa)

☆ Ta’lim, tu’allimuunal kitaab wal hikmah (mengajarkan al kitab wal hikmah)

Trilogi tilawah-tazkiyah-ta’lim berangkat dari nol yakni, “kaum yang buta huruf” untuk membentuk muslim yang unik, syakhsyiyah Islamiyah mutamayyizah.

Mengapa dikatakan unik?

Lihat Umar antara sebelum dengan sesudah tarbiyah. Umar yang keras sangar sebelum mengenal Islam, menjadi Umar yang sederhana dan sangat mudah menangis saat mendengar ayat suci Al-Qur'an dibacakan. Bagaimana Bilal bin Rabah, budak hina dimata kafir Quraisy menjadi mulia dimata Nabi. Bagaimana Abu Bakar yang lembut dan penangis dalam shalatnya suatu saat menjadi sosok yang tegar, tegas menumpas kemurtadan pada saat yang tepat. Bagaimana Ustman yang pemalu jadi berani dan  ia berkata, ”Aku akan menegakkan kebenaran dengan pedang sesuatu yang tidak dapat ditegakkan dengan Qur’an.”

Untuk menzerokan diri, dimulai dari tilawah, membaca dan mengkaji ayat Allah untuk menggali pemahaman Islam yang benar.

Allah SWT berfirman:

▪️اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ▪️
خَلَقَ الْإِنْسٰنَ مِنْ عَلَقٍ▪️
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ▪️
الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ▪️
عَلَّمَ الْإِنْسٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang di ketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq : 1-5)

Allah swt berfirman:

الَّذِينَ ءَاتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ يَتْلُونَهُۥ حَقَّ تِلَاوَتِهِۦٓ أُولٰٓئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ  ۗ  وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِۦ فَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْخٰسِرُونَ

"Orang-orang yang telah Kami beri kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barang siapa ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang rugi." (QS. Al-Baqarah : 121)

(Bersambung...)

sumber:  "From Zero to Hero"

🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻🍃🍃🌻
=============================
👳🏻Konsultasi: 081254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

📲 Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁💰SEDEKAH KUTUB💰❁ ═

💰 Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

💳 Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

📱Konfirmasi : 0857-4937-6876 (Bendahara  KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊🏻 Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters