Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Cara Menjadi orang bertaqwa

Cara Menjadi orang bertaqwa

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Selasa, 06 November 2018

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”

*ARTIKEL MALAM*

Hari/Tgl. : Selasa, 06 November 2018
                   29 Safar 1440 H
No. : 1308/AM/KOM/XI/2018
Materi : Hadits
Tujuan : KUTUBer & Umum

========= ❁❁❁❁ =========

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ

๐ŸŒบ Hadist Arba'in Ke 35 : Ukhuwah dan Hak-Hak Muslim (Bag. 8)

๐Ÿ“š Al-Wafi; Imam Nawawi; DR.Musthafa Dieb al-Bugha

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ : ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ู„ุงَ ุชَุญَุงุณَุฏُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَู†َุงุฌَุดُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَุจَุงุบَุถُูˆุง ูˆَู„ุงَ ุชَุฏَุงุจَุฑُูˆุง ูˆَู„ุงَ ูŠَุจِุนْ ุจَุนْุถُูƒُู…ْ ุนَู„َู‰ ุจَูŠْุนِ ุจَุนْุถٍ ูˆَูƒُูˆْู†ُูˆุง ุนِุจَุงุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ุฅِุฎْูˆَุงู†ุงً . ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ُ ุฃَุฎُูˆ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ู„ุงَ ูŠَุธْู„ِู…ُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَุฎْุฐُู„ُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَูƒْุฐِุจُู‡ُ ูˆَู„ุงَ ูŠَุญْู‚ِุฑُู‡ُ . ุงู„ุชَّู‚ْูˆَู‰ ู‡َู‡ُู†َุง –ูˆَูŠُุดِูŠْุฑُ ุฅِู„َู‰ ุตَุฏْุฑِู‡ِ ุซَู„ุงَุซَ ู…َุฑَّุงุชٍ – ุจِุญَุณَุจِ ุงู…ْุฑِุฆٍ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّุฑِّ ุฃَู†ْ ูŠَุญْู‚ِุฑَ ุฃَุฎَุงู‡ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…َ، ูƒُู„ُّ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ุญَุฑَุงู…ٌ ุฏَู…ُู‡ُ ูˆَู…َุงู„ُู‡ُ ูˆَุนِุฑْุถُู‡ُ [ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…]

Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Jangan saling menghasud, saling menipu, saling membenci, saling membelakangi, dan jangan membeli barang yang telah dibeli orang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Orang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain. Karena itu, tidak menzhaliminya, tidak menelantarkannya, tidak membohonginya, dan tidak melecehkannya. Takwa itu di sini, [sambil menunjuk dadanya tiga kali]. Cukuplah seseorang dikategorikan jahat jika dia menghina saudaranya sesama muslim. Darah, harta, dan kehormatan setiap muslim adalah suci terpelihara.” (HR. Muslim)

❽. Takwa adalah Sebuah Barometer.

Takwa adalah menjauhi adzab Allah SWT dengan cara melakukan setiap perintah dan meninggalkan semua larangan. Sesungguhnya Allah SWT hanya akan menghormati manusia dengan ketakwaannya, bukan karena diri atau kekayaannya. Karenanya bisa saja seseorang di mata orang lain hina karena kurang beruntung dalam kenikmatan dunia, akan tetapi di sisi Allah ia mempunyai kedudukan dan nilai tinggi dibanding orang yang terpandang di mata masyarakat, karena kedudukan, kekuasaan, dan harta yang sebenarnya diperoleh secara tidak halal.

Kedudukan manusia di sisi Allah berfariasi, sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing dan sebanding dengan ketakwaan yang dimiliki. Bukan karena kedudukan atau pun keturunannya. Bukan juga karena bentuk raut muka dan warna kulit. Juga bukan karena banyaknya harta yang dimiliki. Allah SWT berfirman :

....ุฅِู†َّ ุฃَูƒْุฑَู…َูƒُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَุชْู‚َุงูƒُู…ْ....

“.....Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu.”.... (QS. Al-Hujuraat : 13).

Suatu ketika Rasulullah SAW ditanya : “Siapakah orang yang paling mulia?” Beliau menjawab, “Orang yang paling mulia adalah yang paling bertakwa di antara kalian.” Adapun tempat ketakwaan adalah hati, Allah SWT berfirman :

ุฐَٰู„ِูƒَ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุนَุธِّู…ْ ุดَุนَุงุฆِุฑَ ุงู„ู„َّู‡ِ ูَุฅِู†َّู‡َุง ู…ِู†ْ ุชَู‚ْูˆَู‰ ุงู„ْู‚ُู„ُูˆุจِ

“Demikianlah [perintah Allah]. Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj: 32).

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasad dan bentuk tubuh kalian, akan tetapi melihat hati kalian.”

Dengan demikian, tidak seorang pun mengetahui hakekat takwa kecuali Allah SWT berbagai amalan yang tampak juga belum tentu membuahkan ketakwaan. Namun yang akan melahirkan ketakwaan adalah ketakutan kepada Allah dan senantiasa melakukan muraqabah (selalu merasa diawasi Allah). Jika demikian maka betapa banyak orang yang berwajah tampan ataupun cantik, memiliki harta melimpah, kedudukan yang tinggi, namun hatinya kosong dari ketakwaan.

Betapa banyak orang yang kurang beruntung dalam tiga hal di atas, namun hatinya penuh dengan ketakwaan, mereka ini lah yang paling mulia di sisi Allah SWT. Bermuara dari realita ini, maka menghina adalah kejahatan yang besar, karena telah menjungkirbalikkan barometer yang ada, dengan bertumpu pada sisi luar dan mencampakkan sisi dalam yang menjadi barometer yang sebenarnya.

Bersambung...

★★★★

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐ŸŒพ

=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/ 085749376876 (Bendahara KUTUB)


❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊ *Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)*

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters