Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Tafsir surat Alfatihah

Tafsir surat Alfatihah

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Rabu, 12 September 2018

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
*ARTIKEL MALAM*

Hari/Tgl. : Rabu, 12 September 2018
                   03 Muharram 1440 H
No.           : 1256/AM/KOM/IX/2018
Materi      : Tafsir ibn Katsir
Pemateri :  Ustd. Ronal Yahya
Tujuan     : KUTUBer & Umum
========= ❁❁❁❁ =========
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ

๐Ÿ“š  Tafsir Surat Al-Fatihah Ayat 7 (Bag.4/6)

ุบَูŠْุฑِ ุงู„ْู…َุบْุถُูˆุจِ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„ุง ุงู„ุถَّุงู„ِّูŠู†َ

"Bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS. Al-Fatihah: 7)

Hal yang sama disebutkan pula oleh banyak hadist dan asar. Pengertian ini tampak jelas dan gamblang dalam riwayat yang diketengahkan oleh Imam Ahmad.

ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏُ ุจْู†ُ ุฌَุนْูَุฑٍ، ุญَุฏَّุซَู†َุง ุดُุนْุจَุฉُ، ู‚َุงู„َ: ุณَู…ِุนْุชُ ุณِู…ุงูƒ ุจْู†َ ุญَุฑْุจٍ، ูŠَู‚ُูˆู„ُ: ุณَู…ِุนْุชُ ุนุจَّุงุฏ ุจْู†َ ุญُุจَูŠุด، ูŠُุญَุฏِّุซُ ุนَู†ْ ุนَุฏِูŠِّ ุจْู†ِ ุญَุงุชِู…ٍ، ู‚َุงู„َ: ุฌَุงุกَุชْ ุฎَูŠْู„ُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ูَุฃَุฎَุฐُูˆุง ุนَู…َّุชِูŠ ูˆَู†َุงุณًุง، ูَู„َู…َّุง ุฃَุชَูˆْุง ุจِู‡ِู…ْ ุฅِู„َู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุตُูُّูˆุง ู„َู‡ُ، ูَู‚َุงู„َุชْ: ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ، ู†َุงุกَ ุงู„ْูˆَุงูِุฏُ ูˆَุงู†ْู‚َุทَุนَ ุงู„ْูˆَู„َุฏُ، ูˆَุฃَู†َุง ุนَุฌُูˆุฒٌ ูƒَุจِูŠุฑَุฉٌ، ู…َุง ุจِูŠ ู…ِู†ْ ุฎِุฏْู…َุฉٍ، ูู…ُู†ّ ุนَู„َูŠَّ ู…َู†ّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْูƒَ، ู‚َุงู„َ: "ู…َู†ْ ูˆَุงูِุฏُูƒِ؟ " ู‚َุงู„َุชْ: ุนَุฏِูŠُّ ุจْู†ُ ุญَุงุชِู…ٍ، ู‚َุงู„َ: "ุงู„َّุฐِูŠ ูَุฑَّ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆู„ِู‡ِ! " ู‚َุงู„َุชْ: ูู…ู†َّ ุนَู„َูŠَّ، ูَู„َู…َّุง ุฑَุฌَุนَ، ูˆَุฑَุฌُู„ٌ ุฅِู„َู‰ ุฌَู†ْุจِู‡ِ، ุชَุฑَู‰ ุฃَู†َّู‡ُ ุนَู„ِูŠٌّ، ู‚َุงู„َ: ุณَู„ِูŠู‡ِ ุญُู…ْู„ุงู†ุง، ูَุณَุฃَู„َุชْู‡ُ، ูَุฃَู…َุฑَ ู„َู‡َุง، ู‚َุงู„َ: ูَุฃَุชَุชْู†ِูŠ ูَู‚َุงู„َุชْ: ู„َู‚َุฏْ ูَุนَู„َ ูَุนْู„َุฉً ู…َุง ูƒَุงู†َ ุฃَุจُูˆูƒَ ูŠَูْุนَู„ُู‡َุง، ูَุฅِู†َّู‡ُ ู‚َุฏْ ุฃَุชَุงู‡ُ ูُู„َุงู†ٌ ูَุฃَุตَุงุจَ ู…ِู†ْู‡ُ، ูˆَุฃَุชَุงู‡ُ ูُู„َุงู†ٌ ูَุฃَุตَุงุจَ ู…ِู†ْู‡ُ، ูَุฃَุชَูŠْุชُู‡ُ ูَุฅِุฐَุง ุนِู†ْุฏَู‡ُ ุงู…ْุฑَุฃَุฉٌ ูˆَุตِุจْูŠَุงู†ٌ ุฃَูˆْ ุตَุจِูŠٌّ، ูˆَุฐَูƒَุฑَ ู‚ُุฑْุจَู‡ُู…ْ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ู‚َุงู„َ: ูَุนَุฑَูْุชُ ุฃَู†َّู‡ُ ู„َูŠْุณَ ุจِู…ُู„ْูƒِ ูƒุณุฑู‰ ูˆู„ุง ู‚ูŠุตุฑ، ูู‚ุงู„: "ูŠَุง ุนَุฏِูŠُّ، ู…َุง ุฃَูَุฑَّูƒَ ุฃَู†ْ ูŠُู‚َุงู„َ ู„َุง ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡ُ؟ ูَู‡َู„ْ ู…ِู†ْ ุฅِู„َู‡ٍ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡ُ؟ ู‚َุงู„َ: ู…َุง ุฃَูَุฑَّูƒَ ุฃَู†ْ ูŠُู‚َุงู„َ: ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَูƒْุจَุฑُ، ูَู‡َู„ْ ุดَูŠْุกٌ ุฃَูƒْุจَุฑُ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ، ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ؟ ". ู‚َุงู„َ: ูَุฃَุณْู„َู…ْุชُ، ูَุฑَุฃَูŠْุชُ ูˆَุฌْู‡َู‡ُ ุงุณْุชَุจْุดَุฑَ، ูˆَู‚َุงู„َ: "ุงู„ْู…َุบْุถُูˆุจُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ُ ุงู„ْูŠَู‡ُูˆุฏُ، ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ุถَّุงู„ِّูŠู†َ ุงู„ู†َّุตَุงุฑَู‰"

Dia mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah yang mengatakan bahwa dia pernah mendengar Sammak ibnu Harb menceritakan hadist berikut, bahwa dia mendengar Abbad ibnu Hubaisy menceritakannya dari Addi ibnu Hatim. Addi ibnu Hatim mengatakan, "Pasukan berkuda Rasulullah Saw. tiba, lalu mereka mengambil bibiku dan sejumlah orang dari kaumku. Ketika pasukan membawa mereka ke hadapan Rasulullah Saw., mereka berbaris ber-shaf di hadapannya, dan berkatalah bibiku. 'Wahai Rasulullah, pemimpin kami telah jauh, dan aku tak beranak lagi, sedangkan aku adalah seorang wanita yang telah lanjut usia, tiada suatu pelayan pun yang dapat kusajikan. Maka bebaskanlah diriku, semoga Allah membalasmu.' Rasulullah Saw. bertanya, 'Siapakah pemimpinmu?' Bibiku menjawab, 'Addi ibnu Hatim.' Rasulullah Saw. menjawab, 'Dia orang yang membangkang terhadap Allah dan Rasul-Nya,' lalu beliau membebaskan bibiku. Ketika Rasulullah Saw. kembali bersama seorang lelaki di sampingnya lalu lelaki itu berkata (kepada bibiku), 'Mintalah unta kendaraan kepadanya,' lalu aku meminta unta kendaraan kepadanya dan ternyata aku diberi." Addi ibnu Hatim melanjutkan kisahnya, "Setelah itu bibiku datang kepadaku dan berkata, 'Sesungguhnya aku diperlakukan dengan suatu perlakuan yang tidak pernah dilakukan oleh ayahmu. Sesungguhnya beliau kedatangan seseorang, lalu orang itu memperoleh darinya apa yang dimintanya; dan datang lagi kepadanya orang lain, maka orang itu pun memperoleh darinya apa yang dimintanya'." Addi ibnu Hatim melanjutkan kisahnya, "Maka aku datang kepada beliau Saw. Ternyata di sisi beliau terdapat seorang wanita dan banyak anak, lalu disebutkan bahwa mereka adalah kaum kerabat Nabi Saw. Maka aku kini mengetahui bahwa Nabi Saw. bukanlah seorang raja seperti kaisar, bukan pula seperti Kisra. Kemudian beliau Saw. bersabda kepadaku, 'Hai Addi. apakah yang mendorongmu hingga kamu membangkang tidak mau mengucapkan, Tidak ada Tuhan selain Allah'? Apakah ada Tuhan selain Allah? Apakah yang mendorongmu membangkang tidak mau mengucapkan, 'Allahu Akbar'? Apakah ada sesuatu yang lebih besar daripada Allah Swt.'?" Addi ibnu Hatim melanjutkan kisahnya.”Maka aku masuk Islam. dan kulihat wajah beliau tampak berseri-seri, lalu beliau bersabda,

ุฅู† ุงู„ْู…َุบْุถُูˆุจُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ُ ุงู„ْูŠَู‡ُูˆุฏُ ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ุถَّุงู„ِّูŠู†َ ุงู„ู†َّุตَุงุฑَู‰

'Sesungguhnya orang-orang yang dimurkai itu adalah orang-orang Yahudi, dan sesungguhnya orang-orang yang sesat itu adalah orang-orang Nasrani'."

Hadis ini diriwayatkan pula oleh Imam Turmuzi melalui Hadis Sammak ibnu Harb, dan ia menilainya hasan garib. Ia mengatakan, "Kami tidak mengetahui hadis ini kecuali dari Sammak ibnu Harb."

Menurut kami, hadis ini telah diriwayatkan pula oleh Hammad ibnu Salamah melalui Sammak, dari Murri ibnu Qatri, dari Addi ibnu Hatim yang menceritakan: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. mengenai firman-Nya. 'Bukan jalan orang-orang yang dimurkai," lalu beliau menjawab. 'Mereka adalah orang-orang Yahudi"; dan tentang firman-Nya. -Dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat" beliau menjawab, "Orang-orang Nasrani adalah orang-orang yang sesat.

Hal yang sama diriwayatkan pula oleh Sufyan ibnu Uyaynah ibnu Ismail ibnu Abu Khalid, dari Asy-Sya'bi, dari Addi ibnu Hatim dengan lafaz yang sama. Hadis Addi ini diriwayatkan melalui berbagai jalur sanad dan mempunyai banyak lafaz (teks), bila dibahas cukup panjang.

(Bersambung...)

★★★★

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒผ
=============================
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: 081254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudah mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : 0857-4937-6876 (Bendahara  KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters