Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » , » Yaumul Hisab, Hari Hisaban

Yaumul Hisab, Hari Hisaban

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Kamis, 27 September 2018

๐Ÿ““๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ“™๐Ÿ“”
ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Kamis, 27 September 2018
                  18 Muharram 1440 H
No.           : 1270/AM/KOM/IX/2018
Materi      : Aqidah
Pemateri : Ustadz Aang Gunawan
Tujuan     : KUTUBer & Umum
=============================
๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–

๐Ÿ“š Yaumul Hisab (Hari Perhitungan).

◼ Apa itu Yaumul Hisab?

Yaumul Hisab adalah hari perhitungan semua amal perbuatan baik maupun buruk manusia selama hidup di dunia.
Sekalipun sebesar zarrah amalan manusia tidak akan lepas dari perhitungan Allah swt, Pada hari itu, semua manusia tidak akan bisa mengelak dan berbohong dari segala amal perbuatannya karena semua anggota badan akan menjadi saksi atas segala perbuatannya, dengan ditunjukkannya buku catatan amalnya.

Sekalipun manusia telah lupa, tetapi Allah swt. Maha Mengetahui atas segala amal perbuatan manusia.
Sebagaimana firman-Nya,

ูŠَูˆْู…َ ูŠَุจْุนَุซُู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฌَู…ِูŠุนًุง ูَูŠُู†َุจِّุฆُู‡ُู…ْ ุจِู…َุง ุนَู…ِู„ُูˆุง ۚ ุฃَุญْุตَุงู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَู†َุณُูˆู‡ُ ۚ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َู‰ٰ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ุดَู‡ِูŠุฏٌ

“Pada hari ketika
mereka dibangkitkan Allah swt. semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu." (QS. Al-Mujadilah: 6)

Hal itu dinyatakan Allah dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

ูَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุฃُูˆุชِูŠَ ูƒِุชَุงุจَู‡ُ ุจِูŠَู…ِูŠู†ِู‡ِ .ูَุณَูˆْูَ ูŠُุญَุงุณَุจُ ุญِุณَุงุจًุง ูŠَุณِูŠุฑًุง

“Adapun orang yang diberikan kitab di sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah." (QS. Al-Insyiqaq: 7-8)

ูˆَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุฃُูˆุชِูŠَ ูƒِุชَุงุจَู‡ُ ุจِุดِู…َุงู„ِู‡ِ ูَูŠَู‚ُูˆู„ُ ูŠَุง ู„َูŠْุชَู†ِูŠ ู„َู…ْ ุฃُูˆุชَ ูƒِุชَุงุจِูŠَู‡ْ

“Adapun orang yang diberi kitab di sebelah kirinya, maka dia berkata, "Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepada kitab-Ku (ini)." (QS. Al-Haqqah: 25)

Diriwayatkan dari ‘Abdullah ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ูŠَุฌْู…َุนُ ุงู„ู„ู‡ُ ุงู„ุฃَูˆَّู„ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ุขุฎِุฑِูŠْู†َ ู„ِู…ِูŠْู‚َุงุชِ ูŠَูˆْู…ٍ ู…َุนْู„ُูˆْู…ٍ ู‚ِูŠَุงู…ًุง ุฃَุฑْุจَุนِูŠْู†َ ุณَู†َุฉً ุดَุงุฎِุตَุฉً ุฃَุจْุตَุงุฑُู‡ُู…ْ ูŠَู†ْุชَุธِุฑُูˆْู†َ ูَุตْู„َ ุงู„ْู‚َุถَุงุกِ

“Allah mengumpulkan semua manusia dari yang pertama sampai yang terakhir, pada waktu hari tertentu dalam keadaan berdiri selama empat puluh tahun. Pandangan-pandangan mereka menatap (ke langit), menanti pengadilan Allah.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ad-Dunya dan ath-Thabrani. Hadits ini dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih at-Targhib wat-Tarhib, no.3591).

Oleh karena itu semua makhluk memerlukan syafaat (pertolongan), seperti apakah bentuk syafaat tersebut :

◼ Syafaat Al-Kubra.

Peristiwa di Padang Mahsyar sangatlah dahsyat. Di hari itu, Allah Ta’ala mengumpulkan seluruh makhluk-Nya, yang pertama sampai terakhir di satu tanah luas yang datar. Matahari didekatkan dengan jarak satu mil sehingga manusia benar-benar mengalami kesusahan dan kesedihan.

Ketika kesusahan yang mereka rasakan semakin memuncak, akhirnya mereka mencari orang yang dapat memberikan syafa’at, agar Allah Ta’ala segera mempercepat keputusan-Nya. Mereka pun akhirnya berusaha mendatangi Nabi Adam, kemudian Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa bin Maryam untuk meminta syafa’at darinya, namun mereka semua menolaknya. Pada akhirnya mereka datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, untuk meminta syafaat dari beliau. Dengan izin Allah Ta’ala, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan syafaat kepada umat manusia, agar mereka diberi keputusan. (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, No. 4712 dan Muslim, No. 194 dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Allah Ta’ala berfirman :

ุฅِู†َّ ุฅِู„َูŠْู†َุง ุฅِูŠَุงุจَู‡ُู…ْ (25) ุซُู…َّ ุฅِู†َّ ุนَู„َูŠْู†َุง ุญِุณَุงุจَู‡ُู…ْ (26)

“Sungguh, kepada Kami-lah mereka kembali. kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kami-lah membuat perhitungan atas mereka.” (QS. Al-Ghasyiyah: 25–26).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di dalam sholat dengan mengucapkan :

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุญَุงุณِุจْู†ِูŠْ ุญِุณَุงุจًุง ูŠَุณِูŠْุฑَุง

Allohumma haasibni hisaaban yasiiro (Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah.”

Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bertanya tentang apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Allah memperlihatkan kitab (hamba)-Nya kemudian Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, niscaya ia akan binasa.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi).

“Sesungguhnya Aku telah menutupi dosa-dosamu di dunia, dan sekarang Aku mengampuni dosa-dosamu.” Kemudian diberikan kepadanya catatan amal kebaikannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

◼ Bagaimana dengan orang kafir dan munafik?

Para saksi mengungkap kedustaan mereka kepada Rabb Ta’ala.
Mereka, baik saksi hidup maupun benda mati akan menyeru bahwa mereka adalah para pendusta. “Ia telah berdusta kepada Rabbnya,” seru mereka. Maka laknat Allah Ta'ala didapatkan bagi orang kafir dan munafik.

Semoga kita selalu dirahmati Allah SWT dan mendapat syafaat dari Rosulullah Muhammad saw. dan masuk kedalam surga tanpa hisab.

Wallahu'alam.

๐Ÿ“™๐Ÿ“˜๐Ÿ“•๐Ÿ“’๐Ÿ“”๐Ÿ““๐Ÿ“—
๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–๐Ÿ“–
=====================y=====
๐Ÿ‘ณ๐ŸปKonsultasi: https://wa.me/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

๐Ÿ“ฒ Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
-----------**-----------
═❁๐Ÿ’ฐSEDEKAH KUTUB๐Ÿ’ฐ❁ ═

๐Ÿ’ฐ Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

๐Ÿ’ณ Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

๐Ÿ“ฑKonfirmasi : https://wa.me/ 085749376876 (Bendahara  KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊๐Ÿป Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters