Tabir Mimpi - Ibnu Khaldun adalah tokoh paling penting di bidang Sejarah dan Sosiologi Sejarah Muslim.(Bag 2)
Bila Belum baca Kembali ke Bagian Pertama
BERKELANA KE AFRIKA UTARA
Bila Belum baca Kembali ke Bagian Pertama
BERKELANA KE AFRIKA UTARA
Ibn Khaldun akan tiba di lilin di Usia 32 tahun. Rencananya akhirnya terealisasi. Masa hukuman penjara di Fez tidak sia-sia. Dia akan memasuki kota sebagai tamu favorit. Dia akan menerima posisi Hajib untuk Emir Muhammad. Hidup kekuasaan tidak akan bertahan lama seperti dalam tahun berikutnya Abul Abbas akan membunuh Muhammad Amir, sepupunya. Ibn Khaldun menyerahkan kota itu kepadanya dan pensiun ke kota Biskra. Dia akan terus bekerja politiknya dalam menyampaikan suku-suku ke layanan ini Emir atau Sultan. Dia akan terus praktek pergeseran loyalitas sebagai waktu dan kesempatan yang diberikan kepadanya. Dia akhirnya akan pensiun ke pos jauh selatan Konstantinus, benteng Salama.
Di Fort Salama dia akan menikmati keberadaan ini damai dan akan mulai menuliskan Muqqddimah terkenal dan versi pertama sejarah universal pada usia empat puluh lima tahun.
Dia akan mendedikasikan karyanya untuk Emir saat Constantine, Sultan Abul Abbas. Ketenangan tidak berlangsung lama dengan Ibnu Khaldun, saat ia membutuhkan karya referensi lebih yang tidak tersedia di pos ini jauh. Dia menggunakan kesempatan penaklukan Abbas Abul dari Tunisia untuk pergi ke Tunis. Ini akan menjadi pertama kalinya dia akan kembali ke kota kelahirannya sejak meninggalkan itu lebih dari 27 tahun yang lalu.
Akan ada kekuatan politik di tempat kerja terhadap dia sekali lagi dan kali ini sebelum ia akan jatuh dari nikmat ia akan menggunakan kesempatan nyaman 1382 meninggalkan Afrika Utara belakang pernah kembali.
KE MESIR
KE MESIR
Ibnu Khaldun telah mendapatkan ijin dari Sultan Abul Abbas untuk pergi haji. Ia tiba di Alexandria pada Oktober 1382 (15 Shabaan 784 H) pada usia matang 50. Dia menghabiskan satu bulan bersiap untuk berangkat haji, tapi tidak dapat bergabung dengan Caravan menuju Tanah Suci. Dia berbalik menuju Kairo sebagai gantinya. Di sini dia hidup Wold hari terakhirnya. Dia disambut hangat oleh para sarjana dan mahasiswa. Ketenaran-Nya bagi tulisan-tulisannya telah mendahuluinya. Dia mengajar di Al-Azhar dan sekolah baik lainnya. Dia akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Sultan az-Zahir Barquq yang akan mengangkat dia untuk mengajar di sekolah Kamhiah.
Dia akan menikmati nikmat Sultan. Dia akan diangkat sebagai Hakim Maliki pada kehendak Sultan dan kemarahan. Dia akan tarif baik dan berusaha untuk memerangi korupsi dan pilih kasih.Sekali lagi konspirasi melawan dia akan bekerja dengan cara dan ia akan dibebaskan dari kewajiban ini. Bantuan-Nya tugas akan bertepatan dengan bencana keluarganya. Kapal yang membawa keluarga dan barang-barang akan tenggelam dalam badai.
Saat itulah dia akan izin untuk pergi ke Ziarah ke Tanah Suci. Dia akan kembali dan diterima dengan baik dan diangkat ke posisi mengajar di sekolah yang baru dibangun (Bein al-Qasrein) Dia akan kuliah di Hadis, khususnya Muwatta Imam Malik. Dia kemudian akan ditunjuk untuk lembaga Beibers sufi dengan gaji murah hati. Keadaan urusan Mesir akan terganggu sebagai saingan Sultan Barquq, Yulbugha akan mengorganisir pemberontakan berhasil. Sultan Barquq akan melancarkan pemberontakan lain dan akan dikembalikan ke tahta mantan. Ibnu Khaldun selama periode ini akan menderita dan akan dikembalikan ke posisinya dia dengan kembalinya Sultan Barquq menang untuk Power.
Ibnu Khaldun selama periode ini akan mencurahkan waktunya untuk mengajar dan belajar sebagai wellas untuk menyelesaikan Sejarah Universal nya. Setelah pemberontakan Yulbugha, ia akan menulis tentang Asabiyah dan perannya dalam naik turunnya negara. Dia akan menerapkan teori ke teater Mesir sejak zaman Salah ad-Din.
Setelah empat belas tahun sejak meninggalkan posisi hakim Maliki Kepala Ibnu Khaldun akan ditugaskan kembali ke pos setelah kematian Hakim ketua. Negara lagi akan jatuh ke dalam kekacauan setelah kematian Sultan Barquq dan kenaikan anaknya. Ibn Khaldun tidak akan menjadi pihak pemberontakan ini dan akan meminta izin untuk mengunjungi Yerusalem. Dia akan bergabung dengan kafilah Faraj Sultan dalam perjalanan kembali dari Damaskus. Sekali lagi karena intrik politik ia akan menghidupkan kembali dari tugasnya sebagai hakim untuk kedua kalinya. Ini tidak masalah karena dia akan dipanggil untuk menemani Sultan di Perjalanan berbahaya dengan nasib ke Damaskus.
RAPAT Timurleng
Selama tinggal Ibnu Khaldun di Mesir ia akan diminta oleh Sultan Faraj dari Mesir untuk menemaninya dalam ekspedisi ke Damaskus. Berita laporan telah mengkonfirmasi pergerakan Timurleng perang pihak terhadap Damaskus. Sultan Faraj dengan pasukannya sedang dalam perjalanan ke Damaskus. Tampaknya Ibn Khaldun diminta tegas untuk menemani Sultan ke Damaskus.
Sultan hanya akan tinggal selama dua minggu di Damaskus, karena ia harus meninggalkan karena desas-desus bahwa pemberontakan kembali di Kairo adalah dalam karya. Ibnu Khaldun dan beberapa tokoh tertinggal di Damaskus. Sekarang sudah sampai para pemimpin Damaskus untuk berurusan dengan Timurleng. Ibnu Khaldun telah menyarankan kepada mereka untuk mempertimbangkan ketentuan Timurleng. Itu adalah tugas lain Qadhi, Ibnu Muflih, untuk membahas istilah dengan Timurleng. Ketika Ibnu Muflih kembali dari kamp Timurleng, ketentuan tidak menyenangkan kepada penduduk Damaskus.
Karena itu adalah saran Ibn Khaldun untuk berdamai dengan Timurleng, Ibnu Khaldun merasa berkewajiban untuk bertemu dengan Tamerlane pribadi. Ibn Khaldun akan meninggalkan Damaskus dan pergi ke perkemahan orang Timurleng. Hal ini dipertanyakan apakah ia pergi sendiri atau dalam kapasitas resmi. Ibnu Khaldun mengambil beberapa hadiah dengan dia selama Timurleng dan mereka diterima dengan baik. Ibn Khaldun akan tinggal di kamp Timurleng untuk tiga puluh lima hari.
Selama periode ini, Ibnu Khaldun akan banyak pertemuan dengan Timurleng dan mereka akan berbicara melalui seorang penerjemah, Abdul Jabbar al-Khwarizmi (w. 1403). Akun Ibnu Khaldun adalah account rinci hanya tersedia. Subyek bahwa mereka akan membahas yang bervariasi dan ada yang tidak tercatat. W. Fischel daftar 6 topik tertentu yang mereka bicarakan:
- Pada Tanah Maghrib dan Ibn Khaldun yang asal.
- Pada pahlawan dalam Sejarah.
- Pada prediksi yang akan datang.
- Di kekhalifahan Abbsid
- Pada amnesti dan keamanan "Untuk Ibn Khaldun dan Sahabat-Nya."
- Pada niat Ibnu Khaldun untuk tinggal dengan Timurleng.
Ibnu Khaldun terkesan penakluk cukup untuk meminta dia untuk bergabung istananya. Beberapa penulis biografi telah menyarankan bahwa dia dan ditulis banding fasih untuk kembali ke Mesir untuk menyelesaikan urusannya, mendapatkan buku-bukunya dan keluarga dan bergabung Timurleng. Namun itu lebih mungkin bahwa Ibnu Khaldun meninggalkan hubungan baik dengan Timurleng dan telah menyelesaikan misinya untuk penggalian yang menguntungkan bagi rakyat Damaskus.
Kata Ibnu Khaldun berangkat meminjamkan kepercayaan pada fakta bahwa ia tidak akan kembali ke layanan nya:
"Apakah ada kemurahan hati kiri luar itu yang Anda telah menunjukkan kepada saya? Anda telah menumpuk nikmat kepada saya, saya diberi tempat dalam dewan Anda di antara pengikut setia Anda, dan menunjukkan kepadaku kebaikan dan kemurahan hati-yang saya harap Allah akan membayar kembali kepada Anda dalam seperti tindakan ".
MENINGGAL DUNIA DI MESIR:
Setelah kembali Ibnu Khaldun ke Mesir, ia kembali sebagai Qadhi Malikite. Karena situasi politik dalam komunitas Malikite kadi Ibn Khaldun akan dipecat dan kembali tiga kali selama periode lima tahun. Akhirnya, ia meninggal ketika ia berada di kantor pada hari Rabu tanggal 17 Maret 1406 (25 th Ramadan 808). Ia dimakamkan di Pemakaman sufi di luar Bab an-Nashr, Kairo pada usia tujuh puluh empat tahun.
"AL-Muqaddimah"
Dia akan menulis nya Pengantar untuk bukunya sejarah universal dalam rentang lima bulan. Dokumen mengesankan adalah inti dari kebijaksanaan dan pengalaman yang dihasilkan keras.Dia akan menggunakan pengetahuan politik dan pertamanya memiliki rakyat Maghrib untuk merumuskan banyak ide-idenya. Dokumen ini akan meringkas ide-ide Ibnu Khaldun tentang setiap bidang pengetahuan pada zamannya. Dia akan membahas berbagai topik. Dia akan membahas Sejarah dan Historiografi. Dia akan menegur beberapa klaim sejarah dengan logika dihitung. Dia akan membahas ilmu saat ini hari-harinya. Dia akan bicara tentang astronomi, astrologi, dan numerology. Dia akan membahas Kimia, alkimia dan Magic dengan cara ilmiah. Dia bebas akan menawarkan pendapatnya dan mendokumentasikan dengan baik "fakta" dari sudut pandang lain. Diskusi Nya masyarakat Tribal dan kekuatan sosial akan menjadi bagian paling menarik dari tesisnya. Ia akan menerangi dunia dengan wawasan yang mendalam cara kerja dan bakat untuk menjadi kerajaan dan peradaban. Tesisnya bahwa ras selalu akan meniru menaklukkan penakluk dalam segala hal. Teorinya tentang Asbyiah (kelompok perasaan) dan peran yang dimainkannya dalam masyarakat Badui adalah Insightful. Teorinya tentang ilmu Umran(sosiologi) adalah semua mutiara kebijaksanaan. Pendahuluan Nya adalah warisan terbesar yang dia meninggalkan untuk seluruh umat manusia dan generasi yang akan datang.
Sumber
- Perhatikan bahwa Foto Naskah asli pada halaman cover lembaran penutup dari sampul salah satu naskah yang tulisan tangan Ibn Khaldun itu sendiri!. Juga catat bahwa peta perjalanan Ibn Khaldun juga dari The Muqaddimah oleh F. Rosenthal. Para Potret Ibnu Khaldun adalah dari situs berikut: http://www.jamil.com/personalities diakses pada 5/21/01. Perangko berasal dari situs otoritas Pos Tunisia diakses pada 6/19/01.
- Ibnu Khaldun, Abdurahman M., Mokaddimat Ibn Khaldoun, Ed. Darweesh al-Jawydi, al-Maktaba al-Asriyah, Sidon-Beirut, 1995.
- Al-Asqalani, Ibnu Hajar, Ad-Dorar al-Kaminah fi 'Ayan al-Miah al-Thamina, [Permata Tersembunyi di penting di delapan abad] fotostat salinan dari edisi Hyderabad (1929-1930). Dar Ihya al-Torath al-Araby, Beirut, nd
- Ibnu Khaldun, The Muqaddimah, Pengantar Sejarah, Tr. Franz Rosenthal, Bollingen Seri XLIII. Princeton University Press, Princeton, 1967 3 jilid.
- Fischel, Walter J., Ibnu Khaldun di Mesir: fungsi publik-Nya dan penelitian sejarah nya (1382-1406) Sebuah studi di Historiografi Islam, University of California Press, Berkeley 1967.
- Enan, Mohammad A., Ibnu Khaldun: Hidupnya dan Pekerjaan, Kitab Bhavan, New Delhi, 1979.
- Mahdi, Muhsin, filsafat Ibnu Khaldun Sejarah: Sebuah studi di landasan filosofis ilmu budaya, George Allen & Unwin, London, 1957.
- Issawi, Charles, Sebuah Filsafat sejarah Arab: Seleksi dari Muqaddimah Ibn Khaldun dari Tunis (1332-1406), Kebijaksanaan Seri Timur, John Murray, London, 1950.
- Lacoste, Yves, Ibnu Khaldun: Kelahiran sejarah dan masa lalu dari dunia ketiga. Tr. David Macy. Verso, London, 1984.
- Lawrence, Daud, Ed, Ibnu Khaldun dan Ideologi Islam., EJ Brill, Leiden, 1984.
- Ibnu Khaldun di Web . (Batu loncatan untuk menghubungkan Ibnu Khaldunia).
- Ibnu Khaldun biografi web.
Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA